Sampaoli Inginkan Messi, Luis Enrique Terancam

sampaoli-messi

Tak konsistennya performa Barcelona musim ini memunculkan gonjang-ganjing pemecatan Luis Enrique dari kursi kepelatihan Los Azulgrana. Bahkan, dikabarkan Barcelona telah menyiapkan pengganti Enrique musim depan yang kebetulan juga habis kontraknya pada Juni 2017.

Calon tersebut adalah Jorge Sampaoli yang kini melatih di klub Liga Spanyol lainnya, Sevilla. Rumornya, pemilihan Sampaoli berdasarkan referensi dari sang mega bintang, Lionel Messi.

Bukan tak mungkin manajemen Los Azulgrana bakal meluluskan rekomendasi dari Messi untuk merekrut pelatih berusia 56 tahun ini.

Pasalnya meski masih baru pertama di blantika persepakbolaan Eropa, namun pelatih berkebangsaan Argentina ini telah menciptakan prestasi mengesankan bersama Sevilla. Performa Sevillistas di bawah arahan Sampaoli cukup memuaskan, dengan menempati peringkat ketiga dan hanya empat poin di belakang pemimpin klasemen Real Madrid. Tidak hanya itu, tim Andalusia ini juga menembus babak 16 besar Liga Champions.

Sebelumnya Sampaoli juga sukses membawa tim nasional Cile yang bukan unggulan, tampil sensasional dengan menjuarai Copa America di 2015. Di ajang yang disebut terakhir, Cile asuhan Sampaoli memaksa Tim Tango bertekuk lutut di final lewat adu penalti.

Barcelona sendiri, tengah paceklik kemenangan. Tercatat, dari lima pertandingan terakhir di La Liga, Messi dan kawan kawan hanya meraih dua kemenangan, 4-1 atas Espanyol dan 3-0 di kandang Osasuna.

Selebihnya, Los Azulgrana meraih tiga kali seri, termasuk saat menghadapi rival abadi mereka, Real Madrid dengan skor 1-1, di Camp Nou. Alhasil, Barca baru mengumpulkan 34 poin, 3 angka di bawah Real Madrid yang memuncaki klasemen La liga.

Enrique melatih Barcelona sejak musim 2014,2015, dengan mempersembahkan delapan trofi. Diantaranya dua trofi La Liga, dan masing-masing satu trofi Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub, dan Liga Champions.

Di sisi lain, Sampaoli menyambut peluang bekerja sama dengan Messi, yang sekaligus menjadi isyarat kesediannya merapat di Camp Nou.  Bagi pelatih plontos ini, Messi adalah pesepakbola nomor satu di planet ini. La Pulga sukses merengkuh lima kali trofi Ballon d’Or, dan ia belum berhenti tampil memukau di atas lapangan. Khusus di musim 2016-2017, bintang Barcelona ini sudah membukukan 23 gol di semua ajang.

Related Posts

Add Comment