Mengenal Boxing Day di Liga Inggris

boxing-day-di-liga-inggris

Boxing Day: Kado Spesial di Hari Natal

Di saat liga-liga top Eropa lainnya libur Natal dan Tahun Baru, Liga Inggris justru tetap sibuk memainkan laga. Pertandingan-pertandingan itu biasanya digelar sehari setelah perayaan Natal dan dikenal dengan Boxing Day.

Boxing Day sendiri mulai dipopulerkan oleh Ratu Victoria pada abad ke-19. Disebut Boxing Day karena pada hari itu para bangsawan, aristokrat, dan penguasa tanah atau pemilik perusahaan memiliki kebiasaan mengumpulkan kotak (box) kado Natal atau hadiah untuk diberikan kepada orang-orang yang telah memberi pelayanan yang baik sepanjang tahun. Di beberapa tempat, seperti Irlandia, Boxing Day juga biasa disebut St. Stephen’s Day.

Bagaimana sejarah Boxing Day dalam sepak bola?

Klub tertua di dunia dan tertua kedua di dunia, Sheffield FC dab Hallam FC, pernah saling bertandingan pada Boxing Day. Tradisi pertandingan sepak bola pada Boxing Day kemudian dilanjutkan di Football League ketika masih memainkan 22 laga semusim pada 1888/1889 ketika Preston North End mengalahkan Derby Country 5-0 yang digelar sehari setelah Natal.
Namun tradisi ini sempat terhenti dan kemudian bergulir lagi pada 1950-an. Pada era itu digelar pula pertandingan tepat Hari Natal atau 25 Desember. Namun sejak transportasi menjadi padat membuat pertandingan pada Natal perlahan mulai menghilang dan kali terakhir dimainkan pada musim 1957/1958.

Bagaimana menyusun jadwal pertandingan di Boxing Day?

Laga di Boxing Day menjadi momentum tepat bagi keluarga dan sahabat untuk bersama-sama datang ke stadion menyaksikan pertandingan tim kesayangan mereka. Jumlah penonton otomatis akan melonjak. Oleh karena itu, untuk membuat kelancaran, derby lokal biasanmya tidak dimainkan pada Boxing Day.

Siapa fans yang menempuh perjalanan terjauh untuk Boxing Day tahun ini?

Fans West Ham United menjadi paling apes di Boxing Day tahun ini. Sebab, mereka harus menempuh jarak 231 mil (sekitar 371 km) untuk menyaksikan tim kesayangan mereka bertanding di kandang Swansea City.

Swansea City Vs West Ham United: 371 km
Manchester United Vs Sunderland: 233 km
Leicester City Vs Everton: 197 km
Arsenal Vs West Bromwich Albion: 194 km
Chelsea Vs Bournemouth: 165 km

Siapakah pemain yang bakal absen di Boxing Day tahun ini?

Sejumlah pemain Liga Premier tidak akan merasakan sensai pertandingan Boxing Day karena sanksi. Berikut di antara pemain-pemain tersebut:

Diego Costa: Chelsea
N’Golo Kante: Chelsea
Jamie Vardy: Leicester City
Sergio Aguero: Manchester City
Christian Fuchs: Leicester City
Roberth Huth: Leicester City
Matthew Loston: Burnley
Marko Arnautovic: Stoke City
Pedro Obiang: West Ham United

Siapa pencetak gol terbanyak di Boxing Day?

Robbie Fowler menjadi pemain tersubur dalam sejarah Liga Premier di Boxing Day dengan mencetak sembilan gol. Gol-gol itu menjadi kado manis Fowler kepada Liverpool (3 gol), Leeds (empat gol), dan Manchester City (2 gol).

9 Gol— Robbie Fowler (Liverpool, Leeds, Manchester City)
8 Gol—Robbie Keane (Coventry, Tottenham, Liverpool) – Alan Shearer (Blackburn, Newscastle)
7 Gol—Thierry Henry (Arsenal)
6 Gol—Jermain Defoe (West Ham, Tottenham)
5 Gol— Dimitar Berbatov (Manchester United, Fulham) – Andy Cole (Manchester United, Blackburn, Manchester City) – Steven Gerrard (Liverpool) – Frank Lampard (West Ham United, Chelsea).

Related Posts

Add Comment